Tuesday, December 1, 2009

Pengertian olahraga

1. (Keppres 131 Th1962) Olahraga adalah segala usaha untuk mendorong, membangkitkan, mengembangkan, dan membina kekuatan jasmani dan rohani manusia.

2. (MUSORNAS I) Olahraga adalah segala kegiatan manusia yang wajar yang diperlukan dalam hidupnya sesuai dengan kodratnya.

3. (Abdul Gafur) Olahraga adalah bentuk kegiatan jasmani yang terdapat dalam permainan, perlombaan, dan kegiatan jasmani secara intensif dalam rangka memperoleh rekreasi, kesenangan dan prestasi optimal.

4. (ICSP) Olahraga adalah setiap kegiatan yang mengandung sifat permainan berisi perjuangan diri sendiri atau bersama orang lain atau konfrontasi dengan unsur alam.

5. Menurut ensiklopedia Indonesia, olahraga adalah gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan.

6. Menurut Cholik Mutohir olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/pertandingan, dan prestasi puncak dalam pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila.

7. Menurut Edward (1973) olahraga harus bergerak dari konsep bermain, games, dan sport. Ruang lingkup bermain mempunyai karakteristik antara lain; a. Terpisah dari rutinitas, b. Bebas, c. Tidak produktif, d. Menggunakan peraturan yang tidak baku. Ruang lingkup pada games mempunyai karakteristik; a. ada kompetisi, b. hasil ditentukan oleh keterampilan fisik, strategi, kesempatan. Sedangkan ruang lingkup sport; permainan yang dilembagakan.

8. Menurut Bennet dkk. (1983:3) olahraga (sport) adalah aktivitas jasmani yang dilembagakan yang peraturannya ditetapkan bukan oleh pelakunya atau secara eksternal dan sebelum melakukan aktivitas tersebut.

9. Menurut Coakley (1978) Sport is an institutionalized competitive activity that involves vigorous physical exertion or the use of relatively complex physical skill, by individuals whose participation is motivated by combination of the intrinsic satisfaction associated with the activity it self and the external rewards earned through participation.

10. Menurut Ateng (1993) olahraga terdiri dari dua suku kata, yaitu olah dan raga, yang berarti memasak atau memanipulasi raga dengan tujuan membuat raga mnjadi matang.

11. Menurut Kemal dan Supandi (1990) olahraga adalah suatu permulaan dari dan menimbulkan keinginan orang untuk menghindarkan diri atau melibatkan diri dalam kesenangan.

13. Menurut Harsono (1988) olahraga adalah aktivitas otot besar yang menggunakan energi tertentu untuk meningkatkan kualitas hidup.
14. Olahraga adalah suatu bentuk bermain yang terorganisir dan bersifat kompetitif. (http://pojokpenjas.wordpress.com)

15. Menurut Arif (07:04) Olahraga adalah aktivitas yang dilakukan dengan kemampuannya sendiri sehingga tidak menimbulkan lelah.

16. Menurut H.Y.S.Santosa Giriwijoyo (2007) olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara gerak dan meningkatkan kemampuan gerak.

17. Menurut H.Y.S.Santosa Giriwijoyo (2001) olahraga adalah aktivitas gerak manusia menurut teknik tertentu dalam pelaksanaannya ada unsur bermain, ada rasa senang, dilakukan pada waktu luang, sukarela, kepuasan dalam proses, jika tidak dilaksanakan ada sanksi dan nilai positif.

18. Olahraga adalah kegiatan-kegiatan yang bersifat fisik mengandung sifat permainan serta berisi perjuangan dengan diri sendiri dengan orang lain atau konfrontasi dengan unsur alam yang terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan kemampuan dan kesenangan.

19. Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani.

1 comment: